Daftar Kosmetik Berbahaya

Posted on Agu 21 2017 - 4:07am by Suwenah mardiana
RATING

Kosmetik Berbahaya Yang Perlu Diwaspadai

daftar_kosmetik_berbahayaAda banyak sekali kosmetik yang beredar di masyarakat adalah fenomena yang ditemukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) hampir setiap tahunnya. Adalah hal yang menjadi keprihatinan kita bersama bahwa kosmetik yang dilarang dan berbahaya ini masih saja terus ada di masyarakat. Bagaimanakah menghindari kosmetik ilegal berbahaya tersebut? Tentunya masyarakat perlu dibekali pengetahuan yang cukup untuk mengenali kosmetik yang berbahaya sehingga bisa menghindarinya. Sekarang banyak sekali daftar kosmetik dilarang oleh badan pengawas obat dan makanan oleh sebab itu untuk para wanita remaja dan ibu – ibu harus selalu update berita daftar kosmetik berbahaya dalam setiap harinya agar kita bisa menjaga efek yang ditimbulkan dari kosmetik berbaya tersebut.

Bahan-bahan kosmetik yang berbahaya tersebut sudah dilarang untuk diproduksi dalam proses pembuatan produk kosmetika yang berdasarkan kepada Peraturan Kepala Badan POM RI yaitu No. 18 Tahun 2015 tentang Adanya Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika.

Menurut keterangan dari BPOM, adanya beberapa penambahan bahan-bahan berbahaya tersebut ke dalam kosmetik dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan antara lain:

  • Kandungan Merkuri

Kandungan merkuri ini banyak disalahgunakan untuk bahan pemutih/pencerah pada kulit wajah, kandungan ini bersifat karsinogenik dapat (menyebabkan kanker) dan juga teratogenik pada ibu hamil (mengakibatkan cacat pada janin bayi).

  • Kandungan Asam Retinoat

Kandungan ini juga banyak disalahgunakan untuk pengelupas kulit kimiawi (peeling), kandungan ini memiliki sifat teratogenik.

  • Kandungan Hidrokinon

Hampir sama dengan merkuri kandungan ini juga banyak disalahgunakan untuk  pencerah kulit/ bahan pemutih wajah, selain itu dapat membuat kulit anda menjadi iritasi, serta dapat menimbulkan ochronosis (kulit jadi berwarna kehitaman) yang mulai terlihat penampakannya setelah penggunaan selama kurang lebih 6 bulan dan kemungkinan memiliki sifat irreversible (tidak bisa dipulihkan).

  • Bahan Pewarna Merah K10 dan Pewarna Merah K3

Bahan pewarna ini paling sering disalahgunakan pada hampir semua lipstik atau sediaan dekoratif lain seperti pemulas kelopak pada mata dan perona pipi. Dari kedua zat warna ini bersifat karsinogenik yang berbahaya.

  • Kandungan Rhodamin B1

Rhodamin BKandungan zat rhodamin b ini adalah pewarna sintesis yang biasa digunakan oleh beberapa industri tekstil dan kertas. Kandungan Rhodamin B sangat berbahaya sekali jika mengenai kulit, kemudian terhirup oleh hidung kita, dan juga mengenai mata serta tertelan. Maka akibatnya yang akan ditimbulkan bisa berupa iritasi pada kulit, kemudian iritasi mata dan kerusakan saluran pencernaan serta dapat berisiko kanker hati.

  • Kandungan BPA atau Bisphenol

Bahan ini biasa ditemukan pada beberapa kandungan plastik dan sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan obesitas.

  • Formaldehida

Bahan ini juga biasa digunakan pada pengawetan sel manusia dan hewan, fungsi kerjanya terbalik dengan sistem endokrin yang terus melakukan sekresi didalam tubuh manusia. Kandungan Formaldehida sering sekali dijumpai pada beberapa produk cat kuku.

  • Kandungan Paraben

Bahan paraben ini cukup beracun dan berbahaya bagi tubuh kita. Fungsi dari bahan Paraben dapat menyebabkan hormon estrogen yang berada didalam tubuh menjadi terganggu, seperti kista, IMS, dan lain-lain.

  • Diethanolamine (DEA)

Bahan zat ini lebih sering digunakan untuk emulsifier dalam produk sabun batangan dan sabun cair. Untuk penggunaan jangka panjang cukup berbahaya, karena walaupun sudah dibilas bersih dengan menggunakan air, tetapi tidak jadi jaminan zat ini akan hilang dari permukaan kulit kita dan zat ini juga mengakibatkan efek iritasi pada mata dan kulit kita.

  • Nitrosamine

Bahan nitrosamine ini memiliki sifat karsinogenik dan sangat beracun bagi tubuh kita. Dan yang lebih mengerikan kabar buruknya, zat ini hampir dijumpai pada beberapa produk khusus perawatan kulit, maskara, lotion tanning, dan banyak lagi.

kandungan_bahaya_kosmetik

Untuk menanggulangi semakin banyak peredaran kosmetik berbahaya kira kalian tau tidak apa sajakah ciri-ciri kosmetik yang dilarang serta berbahaya ini?

Nah berikut ini ada tips untuk mengetahui kosmetik ilegal berbahaya atau tidaknya :

1. Aroma terlalu kuat atau berbau tidak enak

jika aroma terlalu kuat, kemungkinan terlalu banyak bahan parfum yang ditambahkan pada kosmetik tersebut, atau mengandung bahan parfum yang berbahaya. Jika terdapat aroma yang tidak enak, kemungkinan terdapat bakteri atau jamur pada kosmetik tersebut, bisa jadi kosmetik tersebut sudah melewati batas penggunaannya atau sudah mengalami kadaluwarsa.

2. Tampak berbintik-bintik jamur

Adanya jamur mikro pada kosmetik dapat ditandai dengan adanya penampakan bintik-bintik pada permukaan krim. Anda jangan asal membeli kosmetik sembarangan maka dari itu harus dicek secara fisik kosmetik tersebut terdapat tanda jamur atau tidak

3. Warna terlalu mencolok

Warna kosmetik yang terlalu mencolok bisa dikarenakan kandungan pewarna yang terlalu kuat. Seharusnya kita perlu sangat berhati-hati karena biasanya ini berasal dari pewarna yang berbahaya. Contoh, perona pipi dengan warna merah yang mencolok alias tidak wajar warnanya, kemungkinan bahan pewarnanya berasal dari Rhodamin B yang biasanya digunakan sebagai pewarna tinta ballpoint, pewarna tekstil atau pewarna kertas.

4. Jika dikenakan pada kulit, dapat menimbulkan jerawat, kemerahan, panas, pedih, dan berbagai masalah lainnya.

Jangan ragu untuk menghentikan pemakaian kosmetik bila ada tanda-tanda seperti di atas. Kadang mungkin saja kosmetik yang bersangkutan sebetulnya adalah kosmetik yang lolos uji keamanan, akan tetapi tidak cocok dengan kulit kita. Kulit yang berminyak akan menjadi berjerawat jika memakai kosmetik untuk kulit kering. Oleh karenanya, tentukan jenis kulit kita sebelum membeli kosmetik tertentu.

5. Mengandung bahan berbahaya

Jika pada komposisi (ingredients) produk tertera Bismut oksi klorida (BiOCl), Titanium dioksida (TiO2), atau serbuk logam (alumunium, tembaga, mika), sebaiknya kita batal membeli produk tersebut. Komposisi itu biasanya ditemukan pada produk pemutih, sebagai bahan untuk memberikan efek putih dan mengkilap.

6. Warna berubah menjadi lebih keruh atau lebih muda

Warna kosmetik yang berubah menjadi lebih keruh atau lebih muda, dengan tekstur yang berubah menjadi lebih encer dan campurannya tidak lagi merata adalah tanda-tanda kosmetik yang kadaluwarsa. Kosmetik yang baik adalah kosmetik yang mencantumkan tanggal kadaluwarsa pada kemasan. Kadang, walaupun tanggal kadaluwarsa masih jauh, suatu produk bisa saja menjadi kadaluwarsa lebih cepat (rusak) karena cara penyimpanan yang salah (misalnya diletakkan di tempat yang kena cahaya matahari langsung)

7. Tidak terdapat tulisan kode (BPOM) pada kemasan produk

Badan POM adalah badan pemerintah yang dipercaya untuk mengawasi produk-produk obat dan makanan (termasuk kosmetik) yang akan beredar di pasaran. Jika sudah terdapat kode produk dari Badam POM, berarti produk tersebut sudah lolos uji keamanan, sehingga aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Ringkasnya, untuk menghindari kosmetik berbahaya, kita memang perlu menjadi konsumen yang cerdas. Kita tidak boleh langsung terpikat pada harga yang ringan dan kemasan yang cantik, sebelum meneliti kosmetik yang akan kita beli.

Nah berikut ada 43 kosmetik yang cukup berbahaya yang beredar dipasaran :

1. Aichun Beauty Night Cream (produk impor dari Taiwan oleh CV Crystal Beauty – Jakarta)
2. Anima40 Day Cream (produk impor dari Taiwan oleh CV Crystal Beauty – Jakarta)
3. Anima40 Night Cream (produk impor dari Taiwan oleh CV Crystal Beauty – Jakarta)
4. Beauty Girls Pearl Cream (produk impor dari Taiwan oleh CV Crystal Beauty – Jakarta)
5. Bioclinic Night Cream (produk impor dari Taiwan oleh CV Crystal Beauty – Jakarta)
6. DR Herbal Night Cream (produk impor dari Taiwan oleh CV Crystal Beauty – Jakarta)
7. La Bella Esther Night Cream (produk impor dari Taiwan oleh CV Crystal Beauty – Jakarta)
8. La Bella Day Cream (produk impor dari Taiwan oleh CV Crystal Beauty – Jakarta)
9. La Bella Night Cream (produk impor dari Taiwan oleh CV Crystal Beauty – Jakarta)
10. La Widya Curcumin Night Cream (produk impor dari Taiwan oleh PT Sinar Dios Abadi – Jakarta)
11. Biogold Day Cream (produksi oleh Pasifik Ocean – Jakarta)
12. Biogold Night Cream (produksi oleh Pasifik Ocean – Jakarta)
13. Clariderm Day Cream (nomor izin edar telah dicabut NA 18140102011)
14. Claridem Night Cream (nomor izin edar telah dicabut NA 18140102010)
15. Eco-Agen Day Cream (produksi Pasifik Osean Indonesia –Jakarta)
16. Eco-Agen Night Cream (produksi Pasifik Osean Indonesia –Jakarta)
17. Esther Day Cream (produksi Pasifik Osean Indonesia –Jakarta)
18. Esther Night Cream (produksi Pasifik Osean Indonesia –Jakarta)
19. Esther Vite Transparent Soap (nomor izin edar telah dicabut NA18151200555)
20. Niche Day Cream (produksi Pasifik Osean Indonesia –Jakarta)
21. Niche Night Cream (produksi Pasifik Osean Indonesia –Jakarta)
22. Widya Day Cream Curcuma (produksi Pasifik Ocean Indonesia –Jakarta)
23. Widya Night Cream Curcuma (produksi Pasifik Ocean Indonesia –Jakarta)
24. DR Night Cream (produksi CV Bernita Ayu – Tulungagung)
25. Beautyline Lipstick 201 Irish Rose (produksi PT Beautylink –Tangerang)
26. Beautyline Lipstick 202 Natural Pink (produksi PT Beautylink –Tangerang)
27. Beautyline Lipstick 301 Cherry Red (produksi PT Beautylink –Tangerang)
28. Beautyline Lipstick 302 Xtreme Red (produksi PT Beautylink –Tangerang)
29. Avione Lipstick Xp 311 (produksi PT Neo Kosmetika Industri – Bekasi)
30. Avione Lipstick Xp 312 (produksi PT Neo Kosmetika Industri – Bekasi)
31. Avione Lipstick Ls Excellent 792 Soft Silver Red (produksi PT Neo Kosmetika Industri – Bekasi)
32. Sophie Martin Nutrilips Lipstick Winter Sky (produksi PT Sophie Paris Indonesia – Bogor)
33. Sophie Martin Mini Lipstick 2 ((produksi PT Sophie Paris Indonesia – Bogor)
34. Sophie Martin Soft Matte Lip Color Venus (produksi PT Sophie Paris Indonesia – Bogor)
35. Tokyo Night Nail Polish 5 (produksi PT Hay Jen Kosmetik)
36. Tokyo Night Nail Polish 6 (produksi PT Hay Jen Kosmetik)
37. Implora Fashionable Cosmetics Y7034 Eye Shadow (produksi CV Priskila Mandiri Utama – Sidoarjo)
38. Implora Fashionable Cosmetics Y7034 Blush On (produksi CV Priskila Mandiri Utama – Sidoarjo)
39. Come Beauty Night Cream (produksi PT Dasen Jaya Lestari – Jakarta Utara)
40. Microcell Lightening 3 Cream (produksi PT Sukma Skin Treatment – Cikupa Tangerang)
41. Microcell Lightening Cream Anti Jerawat (produksi PT Sukma Skin Treatment – Cikupa Tangerang)
42. Auraku Whitening Serum (produksi CV Aura Cemerlang Cosmeceutical – Cimahi)
43. Gavia Whitening Cream (produksi PT Immortal Cosmedika Indonesia –Depok).

Ada tambahan sebanyak 68 kosmetik dibawah ini :

1. BAOLISHI Lipstick No 15 (gold case)
2. BAOLISHI Lipatick No 15 (yellow case)
3. BAOLISHI Lipstick No 20 (gold case)
4. BAOLISHI Lipstick No 20 (green case)
5. BAOLISHI Lipstick No 20 (red case)
6. BAOLISHI Lipstick No 20 (yellow case)
7. BAOLISHI Lipstick No 25
8. BAOLISHI Lipstick No 339 KISS Beauty No 7
9 KISS Beauty No 7
10. KISS Beauty No 8 (pink case)
11. MISS BEAUTY Lipstick No 07
12. MONALIZA Lipstick No 20 (gold case)
13. MONALIZA Lipstick No 20 (cartoon casing)
14. MONALIZA Series Lipstick No 20 (gold case)
15. MONALIZA Series Lipstick No 20 (pink case)
16.MONALIZA Series Lipstick No 5
17. BAOLISHI Lipstick No 20 (gold  case)
18. KISS BEAUTY No 20
19. HAN’S SKIN CARE TRIAL Flawless Night Cream
20  HAN’S SKIN CARE Flawless Night Cream
21. PLATINUM Cream Malam
22. MEILI Freckle Cream
23. COSMEDIC Cream 4 Pagi Sore
24. SARI Daily Cream for Oily Skin
25. SARI Night Cream for Oily Skin
26. SARI Sabun Muka Lime
27. SARI Daily Cream for Normal Skin
28. SARI Night Cream for Normal Skin
29. SARI Sabun Muka Papaya + Honey
30. CHANLEEVI No 04
31. KISS BEAUTY No 8
32. LADYMATE Lipstick No 02 (NA 1811302790)
33. LADYMATE Lipstick No 03 (NA 1811302791)
34. LADYMATE Lipstick No 04
35. LADYMATE Lipstick No 06 (NA 18111302889)
36. LADYMATE Lipstick No 07
37. LADYMATE Lipstick No 08
38. LADYMATE Lipstick No 09
39. LADYMATE Lipstick No 10
40. LADYMATE Lipstick No 11
41. LADYMATE Lipstick No 12
42. LADYMATE Lipstick No 02 (NA 18121301026)
43. LADYMATE Lipstick No 03 (NA 18121301027)
44. LADYMATE Lipstick No 06 (NA 18121301030)
45. IMPLORA Lipstik 01
46. IMPLORA Fashionable Cosmetics Complete Make Up Tas (lipstik)
47. IMPLORA Fashionable Cosmetics Complete Make Up Tas (eye shadow)
48. IMPLORA Fashionable Cosmetic 707 (eye shadow)
49. IMPLORA Fashionable Cosmetic 707 02 (eye shadow)
50. IMPLORA Fashionable Cosmetic 707 02 (blush on)
51. IMPLORA Lipstik 03
52. HAN’S SKIN CARE TRIAL Treatment Toner
53. HAN’S SKIN CARE Treatment Toner
54. STEFANI Crem Malam
55. Citra Jelita Night Cream
56. SULAMIT Miraculous White Day Cream Passion Series
57. HAN’S SKIN CARE TRIAL Flawless Day Cream
58. HAN’S SKIN CARE Flawless Day Cream
59. QB White Night Cream
60. COSMEDIC Formula Baru Cream No 8
61. Dr BL Skin Care Caira Peremajaan Plus
62. Herbal Health Ru Special Cream
63. Herbal Health Ji Special Cream
64. Herbal Health Cream Yi Special Cream
65. Herbal Health Xiang Cream
66. Protect & Serve, 2 Oz
67. AUBAINE Rejuvenating Intensive Serum
68. BIO-K Sulf ANti Acne Cream
About the Author

Saya adalah jasa rias pengantin dan juga menyediakan tenda, diesel dan peralatan pernikahan untuk wilayah indramayu haurgeulis

Leave A Response

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.